contoh RPP pelajaran Fisika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                    : SMA
Mata Pelajaran       : Fisika
Kelas / Semester     : X / 1
Program                  : IPA
Materi pokok          : Gerak Lurus
Alokasi waktu        : 2 JP (2x45 menit)
Pertemuan Ke-       : 1 (Satu)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





B.     Kompetensi Dasar
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
Indikator pencapaian kompetensi :
1. Mengagumi segala bentuk alam untuk dapat bertahan hidup selaras sebagai anugerah dari Tuhan.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak.
 Indikator pencapaian kompetensi            :
1.    Mengagumi segala bentuk gerak dalam kehidupan sebagai kebesaran Tuhan.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
     Indikator pencapaian kompetensi            :
1.    Memiliki rasa ingin tahu.
2.    Menunjukan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
3.3  Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
Indikator pencapaian kompetensi             :
1.    Mendefinisikan pengertian gerak lurus.
2.    Mengidentifikasi besaran posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada  gerak lurus.
3.    Menganalisis perbedaan posisi, jarak dan perpindahan.
4.    Menganalisis perbedaan kelajuan dan kecepatan.
5.    Menghitung kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat.
                 
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kajian buku pustaka dan media elektronik, siswa dapat mendefinisikan pengertian gerak lurus dengan baik dan benar.
2.      Diperlihatkan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan, siswa dapat mengidentifikasi besaran posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan dengan baik dan benar.
3.      Melalui praktikum benda (mobil) yang bergerak lurus pada lintasan dengan kecepatan konstan, siswa dapat menganalisis perbedaan posisi, jarak dan perpindahan dengan baik dan benar.
4.      Melalui praktikum benda (mobil) yang bergerak lurus pada lintasan dengan kecepatan konstan, siswa dapat menganalisis perbedaan kelajuan dan kecepatan dengan baik dan benar.
5.      Diperlihatkan benda yang yang bergerak lurus dengan nilai besaran tertentu, siswa dapat menghitung kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat dengan baik dan benar.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Posisi, jarak, dan perpindahan
2.      Kelajuan dan kecepatan
3.      Kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan pembelajaran:
Saintifik.
2.      Metode pembelajaran:
a.       Ceramah
b.      Diskusi
c.       Praktikum
d.      Observasi
e.       Penugasan terstruktur
3.      Model Pembelajaran: Model, Observe, Reflect, Explain (MORE)

F.      Sumber Belajar Alat/Bahan Pembelajaran
1.      Media                    : Praktikum gerak lurus, buku panduan fisika kelas X, dan sumber elektronik.
2.      Alat                       : Papan tulis, bola, kertas, air, mobil mainan dan tali
3.      Sumber belajar      :
·         Purwanto, Budi. 2013. Fisika untuk SMA kelas X. Solo: PT. Wansa J
·         Marthen, Kanginan. 2013. Fisika untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Pendahuluan
·   Membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan melihat daftar hadir peserta didik.
·   Memberikan pertanyaan teka-teki pada siswa.
“ coba kalian tebak, apa nama benda yang dimaksud, sebuah benda dimiliki setiap kendaraan bermotor tidak memiliki penghitung waktu tetapi memiliki jarak tempuh!”.
·   Melakukan tanya jawab singkat mengenai materi sebelumnya dan materi yang akan dipelajari.
“Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang gerak lurus, apa kaitannya dengan vektor yang telah dipelajari?  Apa yang anda ketahui tentang gerak lurus itu?, apa saja yang harus diperhatikan saat mengamati benda yang bergerak lurus? Dan a”.
·   Melakukan tanya jawab mengenai kegiatan yang dilakukan peserta didik berkaitan dengan konsep gerak.
“Kalian dapat mendefinisikan gerak lurus dengan benar, namun sebelumnya apa yang dimaksud gerak itu sendiri? Apakah benda yang diam bisa dikatakan bergerak?”.
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran dan Indikator yang akan dicapai:
-          Mendefinisikan gerak lurus
-          Mengidentifikasi besaran posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus.
-          Membedakan posisi, jarak dan perpindahan.
-          Membedakan kelajuan dan kecepatan
-          menghitung kelajuan rata-rata dan kelajuan sesaat serta menghitung  kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat.
·   KM memimpin doa memulai pembelajaran.



· Menjawab teka-teki yang diberikan. Jawaban yang diharapkan: Alat ukur kecepatan spidometer.





·   Menjawab sebagian pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi yang disampaikan sebelumnya. Jawaban yang diharapkan: gerak lurus adalah gerak benda pada lintasan yang lurus. Besaran yang diamati pada benda yang bergerak lurus adalah posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan.
·   Menjawab sebagian pertanyaan yang diajukan guru tentang gerak. Jawaban yang diharapkan: Gerak adalah perubahan posisi benda dari posisi awal sampai posisi akhir. Benda tidak dikatakan bergerak apabila tidak mengalami perubahan posisi.
·   Menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan.
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
70 menit
·         Mengilustrasikan kegiatan sehari hari yang berhubungan dengan gerak dan mengajak peserta didik menyebutkan  kegiatan yang berhubungan dengan konsep gerak.




·         Membagi peserta didik menjadi empat kelompok.
·         Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan pengertian  besaran posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus dan menuliskannya dalam buku catatan setiap anggota kelompok.

·         Memberi kemudahan pada peserta didik untuk mencari informasi tentang besaran pada gerak lurus dari berbagai sumber ilmiah.
·         Peserta didik menyebutkan  kegiatan yang berhubungan dengan konsep gerak. Kemudian  mengumpulkan data dan tempat-tempat kegiatan sehari-hari yang dapat dijadikan  titik acuan pada benda yang sedang bergerak.
·          Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok.
·         Setiap kelompok mendiskusikan pengertian  besaran posisi, jarak, perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada gerak lurus serta menuliskannya dalam buku catatan setiap anggota kelompok.
·         Mengumpulkan  informasi  tentang gerak dari berbagai sumber ilmiah.

Mempertanyakan
·         Guru menanyakan pertanyaan terkait prediksi peserta didik tentang besaran-besaran dalam gerak lurus. “Apabila antara jarak dan perpindahan berbeda, dapatkah dalam suatu waktu nilai dari keduanya sama? Jika benda bergerak dalam lintasan lurus searah , apakah besar kelajuan dan kecepatan juga sama ?”.
·         Kelompok peserta didik menjawab pertanyaan prediksi dari guru dengan berbagai macam jawaban.
Mencoba
·           Membagikan LKPD kepada setiap kelompok dan menjelaskan mekanisme pengisian LKPD.
·           Memberi kesempatan pada peserta didik untuk  melakukan percobaan membedakan jarak, perpindahan, dan  kecepatan.
·         Memberi kesempatan pada peserta didik untuk  menentukan kecepatan rata-rata, kelajuan rata-rata,
·         Memberi kesempatan pada peserta didik untuk menjelaskan kelajuan, dan kecepatan, sesaat.
·   Setiap kelompok menerima LKPD dan menyimak penjelasan mekanisme pengisiannya dari guru.
·   Peserta didik melakukan percobaan untuk membedakan jarak, perpindahan, dan kecepatan.

·   Dari hasil percobaan, peserta didik dapat menentukan kelajuan rata-rata, dan kecepatan rata-rata.
·   Peserta didik dapat menjelaskan kelajuan, dan kecepatan sesaat.

Asosiasi
·           Memandu peserta didik melakukan refleksi antara prediksi awal sebelum melakukan percobaan dan setelah melakukan percobaan untuk membuktikan perbedaan antara jarak dan perpindahan serta kelajuan dan kecepatan dengan menanyakan:
-          Dapatkah jarak dan perpindahan memiliki nilai yang sama?
-          Jika sama, apakah kelajuan dan kecepatannya juga sama?
·         Mempersilahkan peserta didik untuk mendiskusikan hasil akhir setelah melakukan percobaan.
·         Peserta didik menjawab pertanyaan awal setelah melakukan percobaan.














·         Mendiskusikan hasil percobaan dengan kelompok.

Mengkomunikasikan
·        Memberi kesempatan kelompok untuk menyimpulkan hasil percobaan membuktikan perbedaan dari jarak dan perpindahan, kelajuan dan kecepatan.
·        Menunjuk kelompok untuk mengemukakan hasil percobaan.
·       Membuat kesimpulan hasil percobaan menentukan jarak,dan perpindahan.



·         Mengkomunikasikan hasil kesimpulan kepada kelompok lainnya.
Penutup

·         Memberikan post tes kepada setiap peserta didik.
·         Memberikan tugas individu untuk mengerjakan soal latihan di LKS yang berkaitan dengan besaran pada gerak lurus.
·         Menyampaikan materi yang akan dipelajari di pertemuan selanjutnya dan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam serta berdoa bersama.
·       Mengerjakan post tes yang diberikan guru.

·       Menyimak tugas rumah yang diberikan guru.


·       Menyimak materi yang akan di pelajari selanjutnya, dan  menjawab salam serta berdoa bersama.
10 menit





Lembar Kegiatan Peserta Didik
Besaran-Besaran Pada Gerak Lurus
                       Sebuah benda dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi terhadap titik acuan. Benda bergerak lurus apabila lintasan gerak benda berbentuk garis lurus. Benda yang bergerak lurus mempunyai posisi, jarak, perpindahan, kecepatan dan percepatan. Melalui percobaan benda yang bergerak lurus secara sederhana, kita dapat mengidentifikasi nilai besaran-besaran pada benda yang bergerak lurus.
A.    Alat dan Bahan
No
Jenis
Jumlah
1.
Tali
2 meter
2.
Mobil mainan/ bola mainan
2 buah
3.
Stopwatch
2 buah
B.     Petunjuk
1.      Siapkan alat dan bahan
2.      Buatlah lintasan yang dilalui mobil dari titik A ke B sepanjang 100 centimeter kemudian dari B ke C sepanjang 50 centimeter. Lihat gambar a!
3.      Tentukan berapa waktu yang diperlukan mobil untuk menempuh lintasan dari titik A-B-C (gunakan stopwatch)?
4.      Tentukan  jarak tempuh dan perpindahan mobil tersebut!
5.      Tentukan berapa kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata mobil tersebut!
6.      Ulangi percobaan 3 sampai 5 apabila mobil bergerak dari lintasan A-B-C-A
7.      Catat hasil percobaan ke dalam tabel!
C.       Tabel Pengamatan
  No                     
Lintasan Mobil
Jarak (s)
Waktu (t)
1
A-B-C


2
A-B-C-A



D.    Pengolahan Data
Mencari besar jarak, perpindahan, kelajuan, dan kecepatan kedua lintasan mobil
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
E.     Pertanyaan
1.      Apabila antara jarak dan perpindahan berbeda, dapatkah dalam suatu waktu nilai dari keduanya sama?
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
2.      Jika benda bergerak dalam lintasan lurus searah, apakah besar kelajuan dan kecepatan juga sama ?
                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
F.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan apa yang dapat disimpulkan dari besaran-besaran pada gerak lurus!